Mahasiswa Kelompok KKN-DR Plus 190 UIN SUSKA RIAU Laksanakan Kegiatan KKN-DR Plus

Mahasiswa Kelompok KKN-DR Plus 190 UIN SUSKA RIAU Laksanakan Kegiatan KKN-DR Plus
Mahasiswa Kelompok KKN-DR Plus 190 UIN SUSKA RIAU Laksanakan Kegiatan KKN-DR Plus

PEKANBARU - Ditengah Pandemi Covid-19 program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UIN Suska Riau tetap berjalan. Namun kali ini KKN dilaksanakan oleh mahasiswa di kampung halamannya masing-masing.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh mahasiswa kelompok KKN-DR plus 190 UIN SUSKA RIAU yang melaksanakan kegiatan KKN-DR plus di kampung halamannya. 

Dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan Rohayati, M.I.Kom sejumlah mahasiswa UIN Suska Riau sukses menggelar sejumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Novira Utami. Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau ini melakukan KKN di kelurahan Duri-Timur dengan 3 orang temannya. 

Diantara kegiatan yang dilaksanakan adalah mendatangi kantor lurah untuk meminta izin melaksanakan program kerja di kelurahan Duri-Timur. Kemudian menghubungi ketua PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) untuk melangsungkan program kerja di bidang kegiatan sosial, menanam tanaman atau apotik hidup, pendampingan ekonomi kreatif rumah tangga dengan memanfaatkan limbah (seperti botol plastik) dilahan kelurahan Duri-Timur.

Kemudian melakukan kegiatan pemanfaatan lahan di SDN 34 tersebut. Menanam tumbuhan obat dan rempah seperti kunyit, lengkuas, jahe, kencur dan lain-lain.

Alhamdulillah, kegiatan pemanfaatan pekarangan dan menanam tumbuhan di SDN 34 Mandau selesai. 

Selanjutnya akan diadakan kegiatan pemanfaatan lahan dan limbah sampah bersama ibu-ibu PKK di lahan taman kelurahan Duri-Timur. Akan tetapi sebelumnya sudah ada beberapa mahasiswa universitas lain yang lebih dulu melaksanakan KKN disini, seperti UNP.
 
Hampir sama halnya dengan tanaman di pekarangan SDN 34 Mandau, di kegiatan bersama ibu-ibu PKK ini kami juga membantu menanam berbagai macam tumbuhan. Tidak lupa kami juga memanfaatkan limbah plastik (botol plastik bekas) yang kemudian dijadikan hiasan taman di kelurahan Duri-timur ini. 

Kegiatan diatas dimaksudkan untuk menghias dan memperindah serta menimbulkan rasa sadar lingkungan. Lingkungan yang indah, asri, bersih dengan memanfaatkan hal-hal disekitar dapat membantu kita agar dapat hidup lebih sehat, kreatif dan peduli lingkungan. (rls)

Berita Lainnya

Index